Tuesday, May 28, 2013

Filled Under: , , , , , , ,

Memperkenalkan Makanan Padat Pada Bayi

dranak.com

Memperkenalkan Makanan Padat Pada Bayi


Ketika bayi pertama saya berusia 6 bulan  saya mulai memperkenalkan makanan padat diantaranya tepung beras ditambah dengan sayuran yang sudah di blander menggunakan food prosesor pada intinnya makanan bayi mudah di olah dan tidak perlu bumbu penyedap atau yang lainnya karna makanan yang dibuat dengan rasa alami apa adanya jadi wajar kalo bayi untuk pengenalan awal sedikit tidak suka.

Bayi hanya mengenal rasa Susu Asi yang diberikan Ibu dan belom mengenal rasa yang lain untuk melatihnya maka kita sebagai orang tua memberikan contoh agar Bayi mau makan makanan yang kita makan,  pada awal memperkenalkan makanan saya mencoba makanan didepan anak saya berulang kali, ketika sang Bayi melihat aktifitas saya yang sedang memakan Bayi pun mulai merespon keinginnannya untuk memakan pada saat itu kita berikan makan dengan ekspresi senang bahwa makanan ini sangat enak. heheheh.

pada waktu Bayi mencoba makanan pertama kali pasti ada rasa aneh dalam dirinya tapi kita sebagai Ayah berikan contoh kembali dengan memakan makanan Bayi maka Bayi akan lebih mengerti bahwa ini makanan yang dimakan oleh Ayah dan Ibunya jadi Bayi mau memakannya. lakukan itu setiap Bayi mau makan dan temani makan secara bersamaa, maka Bayi akan mudah mengerti kasih sayang yang diberikan kedua orang tuanya.
  



Umur yang paling baik untuk mengenalkan makanan padat kepada bayi anda adalah ketika usia 6 bulan. Untuk memenuhi kebutuhannya dalam berkembang, pemberian susu saja tidak cukup dan bayi bisa diperkenalkan kepada makanan padat kaya nutrisi. Saat mulai menginjak usia 5 atau 6 bulan, berat badan bayi bertambah 2x lipat dari berat badannya saat lahir, dan akan naik lagi menjadi 3x lipat saat berusia 12 bulan.


Ibu mungkin akan melihat tanda-tanda berikut pada bayi yang berusia 6 bulan, yang menandakan dia bisa segera diperkenalkan dengan makanan padat pendamping ASI:
  1. Selalu lapar walau sudah diberi ASI dari kedua payudara atau susu formula(250 ml, 4-5 kali sehari)
  2. Terkadang bangun ditengah malam, padahal sebelumnya bayi tidur lelap.
  3.  Mulai mengunyah tangan dan memasukkan barang ke dalam mulutnya.

Tahap-tahap mengenalkan makanan padat

Ketika tahap pertama mengenalkan makanan padat, mulailah dengan memberikan bubur yang sangat halus sebelum beralih ke bubur yang lebih kasar dan akhirnya bisa menyantap makanan keluarga di umur 12 bulan.


Ibu bisa memulai dengan memberikan 1 porsi kecil di pagi hari, lalu beri porsi kedua perlahan-lahan setelah 2-3 minggu. Untuk porsi makanan ketiga bisa diperkenalkan 2-3 minggu berikutnya (saat sudah usia menginjak 7 bulan).

Tekstur Makanan

Penting untuk memberikan makanan dengan tekstur yang tepat pada bayi usia 6 bulan karena kalau terlalu kental atau kasar, pada tahap awal bayi akan kesulitan dan tidak mampu menelannya, dan bisa jadi tidak mau lagi makan melalui sendok. Sebagai contoh pada Usia 6 bulan, ibu bisa memberikan bubur beras atau kentang saring yang sangat lembut, lalu perlahan beralih ke bubur pir atau apel.

0 comments:

Post a Comment