Thursday, April 10, 2014

Filled Under: , , ,

Berapa Kali Minum Obat Cacing Untuk Anak






Saya mempunyai anak laki2 lahir 28/3/98. mulai berumur 11 bln tdk mau makan nasi dll. dia itu hanya minum susu tiap hari/saat. buah juga tdk mau. pokoknya hanya susu saja. bulan okt. kemarin saya beri dia obat cacing Combantrin dosis sekali minum tetapi berhubung anak saya masih kecil jadi saya beri 1/2 dosis. yang ingin saya tanyakan:
  1. Sebaiknya berapa bulan sekali minum obat Cacing?
  2. Apakah ada efek sampingnya kalau terlalu sering minum obat cacing (sebulan/2bulan).
  3. Obat cacing apakah tdk mempengaruhi perkembangan otak si anak?
  4. Sekarang saya masih menyimpan 1/2 dosis combantrin. apakah boleh diminumkan lagi/dibuang? (saya simpan dikotak obat yang terlindung dari cahaya matahari) Kalau boleh diminum, sebaiknya kapan (bulan berapa)?
  5. Vitamin apa yang membuat anak suka makan & cerdas?
  6. Anak saya selalu saya kasih vitamin scotts emulsion setiap jam 7 sore, satu sendok makan dan saya campur dng susunya di botol susu. karena dia akan muntah kalau hanya minum vitaminnya saja pakai sendok.
yang ingin saya tanyakan:
  1. Apakah khasiatnya akan berkurang kalau saya campur dng susu?
  2. apakah tdk ada efek sampingnya kalau saya minumkan setiap jam 7 sore (anak saya kalau tidur jam 7 atau jam 7.30)
  3. apakah boleh anak dikasih minum 2 vitamin (mis. scotts dan vit "X") mengingat anak saya tdk mau makan?
  4. kalau boleh tolong dikasih info vitamin apa yang bagus u/ anak yang tdk mau makan.
Maaf kalau pertanyaannya terlalu banyak dan terima kasih atas jawabannya. Terima kasih, (romiati)


Jawab :

  • Tidak ada ketentuan tiap berapa bulan sekali menggunakan obat cacing. Gunakan obat cacing hanya bila diperlukan, antara lain bila terlihat tanda-tanda misalnya : tidur anak sering terganggu karena malam-malam sering terbangun karena gatal-gatal pada anusnya (anak selalu mengaruk-garuk). Bila ibu merasa curiga terhadap adanya kemungkinan “kehadiran” memeriksakan (bila ada) lengket-lengket disekitar anusnya; agar bisa  dipastikan ada / tidaknya cacing serta jenis cacingnya, supaya bisa dipilih obat yang paling tepat dan tentunya ini melalui
  • Efek samping yang timbul biasanya : diare, mual, muntah, sakit kepala / pusing, sukar tidur, dan mungkin juga nafsu makan menjadi berkurang. 
  • Tidak. Namun Combantrin adalah obat cacing yang mengandung pirantelpamoat. Pirantelpamoat digunakan pada anak-anak di bawah 2 tahun hanya bila dokter menganggap perlu.
  • Untuk putra ibu yang masih berusia dibawah 2 (dua) tahun, jangan menggunakan obat cacing tanpa konsultasi dengan dokter sebagaimana saya uraikan di atas. Artinya obat cacing pirantelpamoat ini hanya digunakan bila memang benar-benar diperlukan. Pemberian obat ini adalah dosis tunggal, artinya cukup satu kali pemberian saja. Namun untuk memastikan pengobatan tuntas, tunggu sampai telur cacing (yang tak terbasmi oleh obat ini) berubah menjadi cacing. Kira-kira 2 (dua) minggu setelah pemberian I berikan lagi dosis tunggal yang ke II. Untuk jenis cacing tertentu, digunakan selama 3 (tiga) hari berturut-turut.
  • Tidak ada. (Lihat pada artikel : ingin gemuk vs ingin kurus
    • Khasiat tidak berkurang.
    • Efek samping tidak ada, tetapi justru efek utama akan lebih baik bila diberikan pada pagi / siang hari.
    • Scott emulsion mengandung vitamin A dan D. Kalau mau dilengkapi pilih vitamin lain yang mengandung vitamin B dan C.
    • Vitamin adalah sebagai pelengkap. Yang penting adalah keragaman makanan yang dikonsumsi oleh anak-anak, yang memenuhi konsep kecukupan gizi.

    Ibu Romiati yth, cukup panjang jawaban saya, namun barangkali masih belum cukup lengkap sesuai yang ibu inginkan . Silahkan kontak lagi untuk hal-hal yang masih kurang jelas. Selamat berusaha dan selamat berjuang agar putra ibu menjadi doyan makan !!!.

    Terima kasih atas partisipasinya.
    Salam
    Dra. Naniek S. R. Apt.
    Apoteker
     

     http://home.pacific.net.id/piko/index_08.html

    salam 

    dr anak

    8 comments:

    1. Mau tanya dok anak saya sering sakit perut and tidur suka telungkup..saya curiga dia cacingan tapi bulan 6 kemarin baru di kasi obat cacing. Apa boleh kalau saya kasi lagi sekarang mohon jawaban nya. Trimah kasih

      ReplyDelete
    2. Malam dok,anak saya berumur 4,5 tahun,sudah 1 bulan Ni area anus sll gatal siang n malam,saya Cek anusny bersih,g ada lendir,sya bersihkan pakai alkohol setiap malam,ttp aja msh gatal,saya ksh saleb,minum obat anti alergi cetrizine,cm obat cacing tdk sy ksh Krn Agustus kmrn minum obat cacing teratur,tdurny g nyenyak,siang malam sll gatal,awlny Krn main pasir,tp udh mandi n udh lama ttp gatal,dlu wktu umur 1,5 Thun jg gatal tp hlg dgn Andri,skrng udh 1 bulan g hilang juga,mau berobat bingung kedokteran spesial apa?mhon bantuannya dok,mkash

      ReplyDelete
    3. bu sya mau tanya..saya kan kasih obat cacing ke anak sya umur 2,5th tp sya lupa gak dikocok dulu sbelum dia minum.masih ada sisa2 endapanx d botol..jd itu gimana ya apa hrs sya kasih lg?atau gak apa2 ya masih bs bereaksi dg baik gak obatx?

      ReplyDelete
    4. bu sya mau tanya..saya kan kasih obat cacing ke anak sya umur 2,5th tp sya lupa gak dikocok dulu sbelum dia minum.masih ada sisa2 endapanx d botol..jd itu gimana ya apa hrs sya kasih lg?atau gak apa2 ya masih bs bereaksi dg baik gak obatx?

      ReplyDelete
    5. Mau tanya dok anak saya perempuan umur nya 5tahun kurang dikit,anak saya makan tiap hari jajan sama ngemil nya banyak ..tapi saya heran knapa badan nya kurus terus,berat badan pun tiap bulan ttap aja gak naek gak turun,saya jadi curiga apa anak saya cacingan,msalah nya kalo di perhatiin sering ngelamun gak konsen suka ngeludah,terus kalo BaB peses nya bau bangett,,apa anak saya cacingan??
      Terus saya nyobain kasih obat combantrin,satu botol yg isi 10ml/botol nya,aturan pakai nya pun anak 2-5 tahun 1-2 sendok takar,kira kira gak apa apa gitu dok,saya minta penjelasan nya,jika benar anak saya cacingan atau tidak nya,terimakasih di tunggu jawaban nya!

      ReplyDelete
    6. Assalamu'alaikum..
      Dok saya mau tnya, anak saya berumur 29 bln.
      2 bln yg lalu saya bminumkan combantrin, tpi gk masuk smua karna lngsung d'muntahkn lg. Nah, sekarang saya minumkan lg combantrin & alhamdulillah obatnya masuk, tpi c'anak lngsung minum susu. Apa itu brpngaruh apa gk dok?
      Terimakasih ☺

      ReplyDelete
    7. malam doc. anak saya berusia 7 tahun 2 bulan lalu saya sudah memeberinya obat cacing combantrin sirup tapi sekarang pada anusnya terasa gatal dan selalu saya periksa setiap malam pasti ada cacing halus berwarna putih. bagaimana doc apa bisa diberi obat cacing lagi? dan obat cacing apa yang tepat untuk anak saya. tks doc

      ReplyDelete
    8. Siang dok..
      Anak saya umur 6tahun,aktifitasnya sering d luar rumah,sering main tanah,pasir & dll..
      Dia juga ktika salah makan lgsg batuk..
      Segala obat sudah sy kasih,trnyata tdk sembuh..
      Akhrnya sy kasih obat cacing,2 -3 hr sembuh..
      Kmudian tiap batuk sy kasih obt cacing & lgsg smbuh..
      Bahaya engga sih dok,klo obat cacing di konsumsi jrknya 1-2 bulan saja..
      Makasih dok

      ReplyDelete