Monday, September 29, 2014

Filled Under: , , , ,

Kegemukan Pengaruhi Performa Anak di Sekolah

Dokter Anak


London, Bahaya kesehatan yang ditimbulkan dari kegemukan memang sudah banyak diketahui, terlebih untuk anak. Anak kegemukan diketahui meningkatkan risiko mengidap diabetes, serangan jantung dan penyakit kardiovaskular lainnya ketika dewasa.

Akan tetapi tahukah Anda bahwa kegemukan yang dialami anak juga mempengaruhi performanya di sekolah? Ya, sebuah studi terbaru dari Inggris mengatakan bahwa anak yang kegemukan mempunyai nilai rata-rata di bawah anak lain dengan berat badan normal.

Sang peneliti, Anne Martin dari Edinburgh University mengatakan bahwa kegemukan sering kali diabaikan oleh para guru di sekolah. Padahal, 14 penelitian yang dianalisisnya menemukan hasil yang sama, yakni anak yang kegemukan cenderung mengalami penurunan nilai secara bertahap.

"Efeknya memang tidak instan. Tetapi biasanya, anak yang kegemukan ketika bersekolah di sekolah dasar akan mengalami penurunan nilai ketika masuk ke tingkatan selanjutnya yakni sekolah menengah," tutur Martin yang merupakan kandidat PhD dari Edinburgh University, dikutip dari berbagai sumber, Jumat (26/9/2014).

Martin mengaku memang belum mengetahui apa penyebab pastinya. Dari 14 penelitian yang dianalisisnya, beberapa mengatakan bahwa sebabnya adalah perlakuan guru yang kerap menyepelekan murid atau anak gemuk cenderung malas belajar. Sebab lain meliputi bullying serta kurang olahraga dan pola makan yang tidak sehat.

Hasil lain yang ditemukan Martin adalah anak perempuan lebih rentan mengalami penurunan nilai dibandingkan anak laki-laki. Hanya dalam satu semester, anak perempuan dapat mengalami penurunan dari nilai rata-rata C menjadi D.

Menurut Martin, peran serta guru dan pendidik dalam mendampingi anak-anak yang kegemukan di sekolah harus lebih ditingkatkan. Bisa jadi anak gemuk malah semakin gemuk karena guru tak memberikan dukungan dan membiarkan terjadinya bullying bagi anak-anak yang gemuk.

"Tidak boleh memberikan panggilan nama julukan yang jelek untuk anak gemuk. Guru juga seharusnya paham bahwa murid terlalu gemuk tidaklah baik dan memberikan pemahaman tersebut kepada orang tua muridnya," ujar Martin lagi.

smbr:detik
dranak.com

0 comments:

Post a Comment