Friday, September 19, 2014

Filled Under: , ,

Usia 3 - 5 Tahun pada anak

dranak.com

Dokter Anak

Tak terasa, makin hari Si Kecil makin berkembang. Beranjak ke usia 3 tahun,  permainannya lebih banyak menggunakan imajinasi atau daya khayal. Misalnya, dengan bermain peran seperti karakter favoritnya dalam kehidupan sehari-hari, seperti dokter-dokteran.

Makin bertambahnya usia Si Kecil, ia juga makin senang bergerak dan bereksplorasi dengan lingkungan di luar rumah. Dia pun makin akrab dengan teman-teman bermainnya. Mungkin ia tidak akan masuk rumah sebelum merasa lelah bermain sepeda roda tiganya di luar rumah bersama teman-teman sebayanya atau menghabiskan waktu di taman bermain. Namun, keusilannya yang membuat temannya menangis semata-mata merupakan cara untuk merebut perhatian. Selain itu, makin banyak pula emosi yang dia tunjukkan.

Kemampuannya untuk memakai baju dan celana sendiri juga sudah mulai sempurna. Pakaikan ia popok yang mudah dipasang, seperti popok Merries dengan tipe celana (pants) agar lebih mudah digunakan olehnya. Merries Pants juga memiliki point gather untuk mencegah popok melorot, namun tidak membuat Si Kecil sesak di bagian pingganggnya.

Usia 4 tahun, Si Kecil banyak melakukan hal-hal baru baginya. Jiwa seni dan kreativitasnya mungkin juga mulai terlihat, serta pandai berimajinasi. Tak heran, menggambar menjadi hobi baru bagianya. Kemampuannya untuk menceritakan sesuatu, mengenal waktu, menulis, dan berhitung juga mulai berkembang. Ya, anak Anda mulai memasuki usia sekolahnya.

Sampai akhirnya dia berusia 5 tahun, kehidupan pertemanannya akan lebih menyenangkan. Dia akan betah bermain permainan yang melibatkan kerjasama dengan teman sebayanya. Saat temannya terjatuh, dia akan menunjukkan rasa simpatinya. Si Kecil Anda sudah mulai mengerti perbedaan antara laki-laki dan perempuan. Dia pun semakin mandiri, dari memakai baju, menggunakan garpu dan sendok sendiri saat makan, hingga ke toilet sendiri. Aktivitas fisiknya pun kian bertambah di ulang tahun ke 5-nya. Baginya, bermain panjat tangga dan ayunan di taman sangat menarik. Pada sebagian besar anak laki-laki juga suka melakukan atraksi jungkir balik. Tingkah laku Si Kecil ini tentu sangat memerlukan pengawasan dari Anda. (Aulia/Image:Dok.M&B)
salam dr anak

0 comments:

Post a Comment