Tuesday, October 21, 2014

Filled Under: , , , ,

ASI Esklusif Tingkatkan Kemampuan Otak Bayi

Dokter Anak

KLIKDOKTER.com - Sebuah penelitian yang dilakukan oleh para peneliti dari Harvard Medical School di Amerika mengaitkan pemberian ASI dengan kekuatan mental seorang anak. Studi ini mengungkapkan bahwa ibu yang memberikan ASI kepada anaknya dalam waktu yang lama dapat memicu perkembangan IQ yang lebih tinggi dibandingkan dengan anak yang hanya mendapat ASI secara sebentar.
Memang sebelumnya pemberian ASI memiliki banyak keuntungan yang telah terbukti seperti mencegah risiko infeksi telinga, infeksi paru-paru, dan konstipasi, serta membangun hubungan yang erat antara ibu dan anak, belum ada yang menemukan hubungan ASI dengan kecerdasan, kecuali hingga saat ini.
Penelitian ini tidak membuktikan secara langsung bahwa anak akan menjadi lebih pintar karena mendapat ASI namun hanya menemukan hubungan. Oleh karena IQ atau kecerdasan seorang anak dipengaruhi oleh banyak hal lain, seperti lingkungan rumah tinggal, kecerdasan sang ibu untuk membimbing anak serta edukasi, ataupun faktor sosio ekonomi.
Studi ini menunjukkan bahwa DHA (docosahexaenoic acid) merupakan komponen yang bermanfaat dalam perkembangan otak seseorang, namun sangat tergantung pada makanan sang ibu (misalnya konsumsi ikan) ataupun intelegensi sang ibu.

Keutamaan ASI Pada Bayi
Studi ini merupakan studi besar yang mencakup 1,312 ibu dari tahun 1999 hingga 2002. Lalu dilakukan tinjauan ulang pada saat anak berusia 6 bulan, 3 tahun dan 7 tahun. Peneliitan menemukan bahwa pada anak yang mendapatkan ASI lebih lama dibandingkan anak lain memiliki hasil test bahasa lebih tinggi. Pada usia 7 tahun, terlihat juga bahwa pada anak-anak yang mendapat ASI dalam waktu lama, mendapat nilai tes kecerdasan yang lebih tinggi. Lama pemberian ASI ternyata tidak menunjukkan perbedaan untuk 2 kelompok dalam hal kemampuan menggambar, memori, atau proses belajar saat usia tujuh tahun.

Walaupun terlihat ada hubungan antara lamanya pemberian ASI dengan kecerdasan seorang anak namun belum dapat dibuktikan secara 100% oleh karena kecerdasan dipengaruhi oleh banyak faktor lain selain ASI. Walaupun seperti itu, kita sudah paham manfaat lain dari ASI, dan menganjurkan agar bila memang sanggup memberikan asi, berikanlah kepada anak Anda!


dranak.com

0 comments:

Post a Comment