Thursday, October 2, 2014

Filled Under: , , , , , , ,

Penyebab Kulit Bayi Kering

Dokter Anak


Apakah yang menyebabkan kulit bayi kering?
Bayi dan anak-anak bisa menderita kulit kering seperti yang biasa terjadi pada orang dewasa. Bahkan karena kulit bayi dan anak-anak lebih halus lebih rentan untuk bisa menjadi kulit bayi kering dan akan lebih lama.
Ada beberapa penyebab yang kemungkinan bisa menyebabkan kulit bayi kering di antaranya karena matahari musim panas, AC, air garam dan klorin dalam air yang Anda gunakan untuk memandikan bayi Anda.

Apa yang bisa saya lakukan untuk mengatasi kulit kering pada bayi dan anak saya?
Mengurangi waktu mandi bayi dan Anak-anak Anda
Mandi terlalu lama bisa menyebabkan kulit bayi kering karena dengan mandi sama saja menghilangkan minyak alami pada kulit bersama dengan kotoran.

Gunakan waktu mandi untuk bayi Anda seefektif mungkin misalnya tidak melebihi 10 menit. Juga selalu gunakan air hangat tetapi tidak terlalu panas dan sabun khusus untuk bayi.

Biarkan bayi Anda memiliki waktu bermain di bak mansi sebelum akhirnya Anda memandikannya, pastikan tidak terlalu lama busa sabun menempel pada kulit bayi dan anak Anda. Satu lagi yang sederhana tetapi sangat berguna, jangan membiarkan kain atau lap pembersih yang sudah bercampur sabun di dalam bak mandi bayi Anda.

Setelah mandi segera lap bayi Anda hingga kering, jika Anda menggunakan pelembab kulit untuk bayi mungkin akan lebih baik, tetapi ada beberapa bayi yang tidak cocok menggunakan pelembab, pastikan bayi Anda tidak mengalami iritasi kulit ketika memakai pelembab.

Menggunakan pelembab lebih tebal akan lebih baik untuk kulit bayi Anda. Jika kulit anak dan bayi Anda tetap kering walaupun sudah menggunakan pelembab. Cobalah beralih menggunakan lotion khusus bayi dan anak, tetapi jangan gunakan lotion terlalu banyak.

Anda bisa menggunakan pelembab pada Bayi dan anak Anda dua kali sehari, pertama pada waktu pagi hari setelah Mandi dan kedua pada saat siang hari. Jika bayi dan anak Anda tidak sabar waktu menggunakan pelembab, cobalah dengan sambil mendengarkan lagu kesukaanya atau kalau anak Anda sudah cukup besar biasakan dan ajarkan memakai pelembab sendiri tanpa bantuan dari Anda itu akan lebih baik.Jangan membiarkan garam atau klorin kering di kulit bayi dan anak Anda.

Klorin dan air garam dapat dapat menyebabkan kulit bayi anda sangat kering. Setelah berenang di kolam renang atau di laut segera bilas anak Anda dengan air bersih kemudian gunakan segera pelembab waktu kulitnya masih basah.Pastikan bayi dan anak Anda terhidrasi dengan baik Kulit kering pada bayi di sebabkan kekurangan kelembaban. Jika anak atau bayi Anda sudah tidak menyusui, pastikan bahwa si kecil cukup mengkonsumsi cairan sehingga bisa menjaga kelembaban kulit. Jika anak Anda masih bayi, pastikan juga asupan air susu Ibu atau susu formula untuk setidaknya enam bulan pertama, kecuali dokter menyarankan menambahkan asupan cairan kepada bayi Anda.

Menjaga bayi Anda dari penyebab faktor lain dari kulit kering Pastikan bayi dan anak Anda memakai sarung tangan dan kaus kaki pada saat musim dingin, hal ini untuk menjaga dari kesehatan sekaligus menjaga dari kulit kering dan juga menjaga agar kulit tidak pecah-pecah. Walaupun tidak musim dingin sebenarnya bayi yang masih umur kurang dari 6 bulan membutuhkan kehangatan lebih sehingga pastikan memakai pelindung sarung tangan dan kaus kaki terutama ketika bepergian menggunakan motor ataupun mobil yang ber AC sekalipun.

Tips menggunakan parfum atau wewangian
Jangan gunakan parfum yang langsung di semprotkan pada kulit bayi dan anak Anda, bisa di pertimbangkan untuk menggunakan produk laundry yang diberi wewangian. Jika kulit bayi dan anak Anda terlalu sensitif mungkin Anda harus lebih teliti dalam mencuci, bahkan bila di perlukan Anda seharusnya membilas dua kali hasil cucian untuk baju bayi Anda agar menghindari terlalu banyak kontak sisa sabun di baju bayi.

Jika kulit bayi dan anak Anda sangat sensitif pastikan tidak memakai pakaian ketat dan bahkan pakaian kasar. Dan perlu diingat juga bahwa beberapa kain seperti dari bahan wol bisa memperburuk untuk kulit kering pada bayi dan anak.

Pastikan juga menjaga kuku bayi Anda bersih dan memotong kuku bayi secara teratur dengan alat khusus untuk bayi. Kuku yang panjang dan kotor juga akan memperburuk jika bayi dan anak Anda sedang menggaruk ke bagian kulit lain.

Bercak merah pada bayi dan anak dengan kulit kering

Jika bayi dan anak Anda kulitnya sedikit bercak merah dan bahkan gatal mungkin bayi Anda menderita semaccam eksim atau juga dikenal sebagai dermatitis atopik.  Kadang-kadang bahkan eksim bisa di sembuhkan dengan membersihkan dengan sabun secara rutin dan memberinya pelembab sehingga Anda tidak usah begitu khawatir dan membawanya ke dokter.

Dalam beberapa kasus yang jarang terjadi kulit kering pada bayi dan anak bisa menunjukkan kondisi genetik yang disebut ichthyosis. Ichthyosis adalah kulit kering yang terjadi kadang-kadang dan bisa menyebakan kemerahan pada kulit bayi. Hal ini umumnya disertai dengan penebalan telapak tangan dan telapak kaki, Jika dokter Anda mencurigai bahwa anak dan bayi Anda menderita ichthyosis Dokter mungkin akan mengarahkan Anda untuk segera menghubungi ke spesialis kulit untuk bayi atau anak Anda.

Haruskah saya selalu berkonsultasi ke dokter untuk mengatasi kulit bayi kering saya?

Jika kulit kering pada bayi dan anak Anda bisa di atasi dengan beberapa tips di atas, Anda tidak perlu menngunjungi Dokter Anda, kecuali jika memang bayi atau ana Anda menderita ichthyosis seperti dijelaskan di atas . Berkonsultasi dengan Dokter spesialist kulit anak akan menjadi solusi lebih baik dan lebih tepat sasaran jika Kulit bayi Anda memang menderita semacam ichthyosis.
 smbr:bayikusehat.com

dranak.com

0 comments:

Post a Comment