Friday, March 6, 2015

Filled Under: , , , , ,

Anak Belajar Memakai Baju dan Sepatu Sendiri

Dokter Anak


 
Aimar umur 3 tahun sibuk dengan kancing bajunya, ketika Mom mendatanginya menanyakan “apakah Aimar butuh bantuan?” Aimar malah marah dan mengatakan kalau dia bisa melakukannya sendiri. Setelah lama bergumul dengan kancing baju akhirnya Aimar berhasil memasang bajunya sendiri.

Ketika Mom memutuskan untuk membantu anak memakaikan baju dan sepatunya, dengan alasan agar lebih cepat karena mereka sedang terburu-buru, hal ini akan membuat anak-anak tidak belajar dengan sendirinya. Padahal dengan membiasakan anak untuk mengenakan baju dan sepatunya sendiri, anak tidak akan terlalu tergantung kepada orang lain. Salah satu triknya, taruh sepatu di tempat yang mudah di jangkau olehnya. Sediakan bangku kecil di dekat pintu masuk, sebagai sarana untuk anak mengenakan sepatunya sendiri. Begitu juga dengan baju. Ajari dia memakai T-shirt sendiri, sehingga anak tidak keburu stress dengan kancing. Begitu juga dengan celana, pilih model berkaret yang bisa langsung pake.

Keterampilan berpakaian dapat memakan waktu beberapa tahun untuk mencapai kesempurnaan, dari sekitar usia 18 bulan hingga 5 tahun. Memakai dan melepas pakaian merupakan bagian dari keahlian ini.

Berikut beberapa tahapan proses keterampilan ini :

1. Mulai usia 8 bulan, sebenarnya anak sudah mulai memperlihatkan keterampilan dasar dimana ia mulai menarik lepas kaus kakinya, bermain dengan tali, kancing, dan perekat velcro yang ada di pakaian.

2. Pada usia menjelang 1 tahun, anak memperlihatkan minat untuk melepaskan topi, hiasan rambut, melepas sepatu dan kaus kaki. Ia juga mulai bekerja sama saat dibantu menggunakan pakaian atau sepatu seperti memasukkan lengannya ke lubang lengan, atau bahkan meluruskan kaki saat dipakaikan celana, mencoba merekatkan sepatu yang menggunakan perekat Velcro.

3. Mendekati usia 2 tahun, anak sudah mampu membuka sendiri sepatunya, kaus kaki, bahkan mencoba memakai pakaian sendiri (meskipun seringkali belum berhasil), mencoba untuk memasukkan kaki ke dalam satu lubang celana, memakai kaus secara terbalik, terkadang memakai sepatu juga secara terbalik.

4. Pada usia 2 tahun, anak mulai bisa membuka kancing dan resleting yang berukuran besar. Biasanya ia juga sudah mampu melepas sendiri pakaiannya. Saat ia belajar membuka pakaian, ia juga akan mulai belajar memakai pakaian juga. Namun ia membutuhkan waktu lebih lama sebelum bisa memakai T-shirt sendiri yang membutuhkan keterampilan untuk menarik baju melalui kepalanya.

5. Pada usia 3 tahun, anak lebih terampil dalam memasang dan melepas kancing, kancing jepret berukuran besar, dan resleting. Kemampuan ini akan terus berlanjut dan disempurnakan hingga usia balita yang tentunya seiring dengan perkembangan motoriknya (motorik kasar dan motorik halus). Sehingga orangtua tidak harus panik ketika anak belum bisa berpakaian secara sempurna pada usia batita, yang penting lebih mengenalkan dan melatih anak dasar-dasar keterampilan berpakaian dan bersepatu.

6. Pada usia 4 tahun anak mulai tertarik untuk belajar mengikat sendiri tali sepatunya, orangtua bisa memberi sedikit bantuan dengan mengajarkan cara termudah mengikat tali sepatu.

Sebagai orangtua, sebaiknya Mom menahan keinginan untuk membantu seminim mungkin. Sehingga balita pun akan belajar mandiri secara cepat.

Meskipun seringkali justru memperlama penyelesaian pekerjaan, namun dengan sedikit kesabaran, aktivitas ini dapat menumbuhkan rasa percaya diri dan kemandirian anak, juga melatih anak untuk melakukan kebiasaan baik yang akan bermanfaat untuknya.
 smbr:ibudanaku
dranak.com

0 comments:

Post a Comment