Tuesday, March 10, 2015

Filled Under: , , , , , ,

Dokter Gigi Sebut Biskuit Baik untuk Merangsang Pertumbuhan Gigi Balita

Dokter Anak



Gigi susu pada bayi umumnya tumbuh di usia 6 bulan dan sempurna ketika bayi menginjak usia 2 tahun. Meski begitu, tak sedikit pula orang tua yang khawatir ketika anaknya sudah menginjak usia lebih dari dua tahun namun gigi susu anaknya belum juga sempurna.

drg Oktri Manesa dari Oktri Manesa Dental Clinic mengatakan bahwa layaknya proses belajar bicara atau berjalan, pertumbuhan gigi pun berbeda-beda tiap anak. Faktor penentunya ada dua, yakni faktor genetik dan faktor medis.

"Faktornya memang macam-macam. Bisa jadi karena genetik, jadi dulu riwayat orang tua seperti itu juga. Atau kalau menurut medis, bisa jadi karena anak kurang dirangsang dengan makanan keras," tutur drg Oktri, usai peluncuran Formula Happy Healthy Teeth with OMDC di SD Al Azhar 2, Jl Mujair, Pasar Minggu, Jakarta Selatan, Senin (9/3/2015).

Untuk faktor genetik, orang tua bisa mengecek ke dirinya atau pasangan soal sejarah tumbuh gigi ketika kecil. Kalau ternyata memang dulu orang tua juga tumbuh giginya agak terlambat, bisa jadi faktor tersebut menurun ke anak.

Sementara jika dari faktor genetik tidak ditemukan kelainan, drg Oktri mengatakan bahwa bisa jadi gigi anak belum tumbuh karena kurang dirangsang dengan makanan keras, akibat terlalu sering mengonsumsi makanan lunak.

"Bisa mungkin karena terlalu sering dikasi makanan lunak, bubur dan sejenisnya, jadinya gigi tidak terangsang untuk tumbuh," tambahnya lagi.

Oleh karena itu, ketika gigi susu anak sudah tumbuh sebagian, ia menyarankan agar orang tua memberikan makanan yang keras untuk merangsang pertumbuhan gigi anak. Biskuit menjadi makanan paling baik karena meskipun keras namun masih aman untuk dikonsumsi balita.

"Biskuit saya kira sangat bagus untuk merangsang pertumbuhan gigi ya. Jadi kalau dirangsang dengan makanan seperti itu kebutuhan untuk menggigitnya lebih ada dan tumbuhnya gigi lebih cepat," ungkapnya.

smbr:detik
dranak.com

0 comments:

Post a Comment